Minggu, 30 Oktober 2011

Khasiat Ginseng Bagi Kesehatan

 akar-ginseng

Ginseng salah satu  tanaman yang pengolahannya untuk makanan,  minuman (Ramuan Ginseng ), maupun untuk obat berbagai macam penyakit yang dibutuhkan tubuh manusia untuk menjaga kesehatannya. Untuk jenis ginseng beraneka ragam nama dan tempat asalnya seperti ginseng liar (berasal dari manchuria), panax ginseng(ginseng korea/CHINA) yang paling terkenal dan dikenal luas dipasaran, panax quinguefolius(ginseng amerika), panax notoginseng(ginseng san qi) , panax eleutherococcus senticosus( ginseng serbia). Bagian tanaman ginseng yang sering di gunakan untuk pengobatan adalah akarnya walaupun  daunnya juga sering digunakan untuk berbagai olahan masakan.

Tidak dapat dipunkiri kalau ginseng ini dicap sebagai Rajanya obat Alami dan dikenal sebagai obat kuat dan panjang umur karena zat gizi dan zat aktif di dalamnya sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti : minyak atsiri, sterol, polisakarida, gula, pektin, vitamin B1,B2,B12, kolin, lemak dan mineral (termasuk seng, tembaga, magnesium, kalsium, zat besi, mangan, dan vanadium). Adapun khasiat Ginseng bagi kesehatan yang saya posting kali ini hanya 5 dan masih banyak lagi khasiatnya lainnya yang mungkin anda bisa mendapatkan di blog lain :
  1. Obat Kuat, ginseng dapat meningkatkan stamina dalam hubungan seks. Ginseng merupakan perangsang ringan untuk meningkatkan fungsi seksual dengan cara meningkatkan  hormon testosteron dan dihidrotestosteron. Bahkan ginseng dapat meningkatkan  produksi dan mortalitas sperma. Peran ginseng dalam sistem reproduksi pria ternyata bukan sekedar mitos. Sejumlah penelitian pada hewan percobaan mengindikasikan adanya peningkatan produksi sperma. Ginseng juga membantu menyeimbangkan hormon perempuan khususnya pada masa perubahan fisik yang drastis seperti setelah melahirkan, selama menstruasi dan monopause.
  2. Perkuat daya ingat, Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ginseng bisa membantu memperbaiki daya ingat pada penderita stroke, demensia, pikun. Untuk menguji keampuhan ginseng dilakukan penelitian  dengan cara memberikan minuman ramuan yang terbuat dari ginseng kepada sejumlah penderita stroke (biasanya kehilangan memori karena kerusakan pembuluh darah yang menuju ke otak akibat tekanan darahnya yang terlalu tinggi). Penderita stroke yang minum ramuan ginseng mendapatkan skor tinggi daya ingat dibanding yang tidak minum  ramuan. Penelitian juga di terapkan pada tikus yang mampu meningkatkan  aktivitas zat-zat kimiawai di otak seperti acetylcholine dan choline acetytransferase.
  3. Meningkatkan ketahanan tubuh, Zat-zat aktif pada ginseng membantu proses penyembuhan  dengan cara merangsang pembentukan antibodi. Ginseng mengandung polisakarida yang merupakan zat yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Ginseng juga dapat digunakan untuk mengatasi rasa lelah berkepanjangan (fatigue) dan stress pada tubuh, serta mengembalikan vitalitas setelah sakit.
  4. Mengatasi insomnia, ginseng merupakan obat tradisional /herbal / alami yang bisa membuat orang nyaman tidur. Ginseng membantu tubuh menstimulasi glandula endokrin untuk mentabolisme vitamin dan mineral dengan baik, sehingga dapat membantu tubuh menyerap gizi dengan sempurna. Sesbab, salah satu penyebab sulit tidur adalah penyerapan zat gizi yang kurang sempurna. Penyebabnya bisa karena kelelahan, stress, sakit , penurunan sistem imun dan lain sebagainya.
  5. Memperlancar peredaran darah dan sistem saraf , Menurut nutrition Almanac : ginseng berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah, sistem saraf dan jantung. Dengan peredaran darah yang lancar, distribusi zat gizi dan oksigen dalam tubuh akan lancar.
Mungkin anda bertanya gimana proses pengolahan ginseng untuk dijadikan obat ???untuk menjawabnya ada 2 cara yang umum dilakukan :
  • Menyiapkan akar ginseng yang akan di jadikan obat di rebus dan di saring dengan berbagai bahan pelengkap lainnya atau anda bisa lihat salah satu Ramuan Ginseng di blog ini Resep Masakan Oke
  • Dengan ekstak ginseng yang anda dapat beli di toko obat china atau toko obat herbal / alami. Untuk pemakaian dosisnya secara umum 100-1250 mg  ekstak ginseng china atau 300 – 400 mg ginseng serbia dapat dikonsumsi sebanyak satu atau dua kali sehari. Sedangkan untuk menjaga stamina saat stress atau selama masa penyembuhan setelah sakit, gunakan dosis yang sama dua kali sehari begitu juga untuk  mengatasi masalah seksual pada pria asupan sebaiknya dimulai dengan dosis kecil terlebih dahulu, kemudian secara bertahap di tingkatkan. Batas pemakain 500 mg perhari.
Tips : untuk pemakaian ekstrak ginseng sebaiknya tidak dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka panjang.Paling banyak tiga atau empat kali dalam setahun, selama satu atau dua minggu saja / tidak kelebihan dosis karena berdampak buruk bagi kesehatan seperti gangguan emosi, gangguan tidur, tekanan darah naik, sakit kepala dan sakit perut / diare. Wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi ginseng, karena komponen dalam ginseng dapat memberikan efek mengencerkan darah sehingga dikhawatirkan akan timbul pendarahan yang berat pada saat melahirkan.
Oke deh moga postingan ini bermanfaat.
Sumber  : koki edisi 0110, november 2007

1 komentar: